Jumat, 08 Agustus 2014

Operasi lipatan mata

Asian upper blepharoplasty (operasi membuat lipatan mata)


Disebut juga sebagai double eyelid surgery, yaitu prosedur operasi untuk membentuk lipatan kelopak mata atas. Mata yang ideal dan indah adalah yang memiliki bentuk yang cenderung bulat dan memiliki lipatan pada kelopak mata atas, sehingga memberikan kesan besar. Pada etnis oriental sering didapatkan kondisi kelopak mata atas yang tidak memiliki lipatan dan cenderung penuh (puffy), hal2 tersebut yang menyebabkan mata menjadi tampak lebih kecil/ sipit. Dan juga kondisi ini sering diperumit oleh adanya kulit tambahan pada sisi mata tengah (medial epicanthus) yang memperkuat kesan kecil tersebut. Mata ideal dambaan masyarakat asia tampak dari budaya kartun/ anime yang banyak diproduksi di negara jepang, mereka selalu menampilkan karakter anime wanitanya dengan bentuk mata yang besar dan bulat.

karakteristik mata oriental yang dapat diperindah melalui "double eyelid surgery"

gambaran mata yang ideal menurut kartun/ anime
Prosedur blepharoplasty sebenarnya merupakan tindakan sederhana yang memiliki efek yang cukup signifikan pada perubahan bentuk mata, bahkan pada keseluruhan penampilan wajah. Blepharoplasty atas menekankan pada hasil lipatan kelopak pada saat mata dibuka dan kalau perlu dilakukan sedikit pengurangan lemak.

Berikut beberapa contoh kasus hasil operasi yg saya kerjakan.
Hasil operasi double eyelids surgery. Didapatkan bentuk mata menjadi lebih lebar dengan terbentuknya lipatan kelopak mata. Pada kasus ini didesain ketinggian cukup dengan bentuk oval.

Pada kasus ini dipilih desain lipatan lebih tinggi dan bentuk lebih bulat mendekati mata orang barat. Dan desain juga membuat lipatan kulit mata tengah mejadi lebih lebar (mata dilebarkan keatas dan tengah).

Tidak ada komentar :

Posting Komentar